Thursday, February 14, 2013

Penipuan jasa tiket pesawat online


berita jakarta populer
Berita jakarta populer hari ini. Hati-hati dengan jasa tiket online www.artha-trave.com dan www.aiatravel.com karena situs ini menipu, karena menurut Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil membekuk sindikat tersebut.

Berdasarkan berita dari okezone Jumat, (15/2/2013).
,"Kami berhasil mengamankan lima tersangka terkait penipuan jasa tiket pesawat online yang telah beraksi selama tiga tahun, yakni AL, IL, SU, S, WW, dan A, setiap harinya para pelaku menyebar SMS menggunakan www.smscaster.com kemudian memasukan nomor acak dalam sehari mereka bisa mengirim SMS ke 30 ribu nomor untuk menawarkan promo tiket murah," ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heriawan, dalam keterangan persnya di Mapolda Metro Jaya

Modes operandinya adalah mengirimkan ribuan sms secara acak,nah jika ada calon korban yang berminat dia akan menghubungi nomer yng diberikab sipelaku kejahatan.

"Setelah itu para pelaku akan menerima telepon layaknya operator travel dan meminta korban untuk melakukan reservasi. Kemudian pelaku membuka website maskapai yang diinginkan korban untuk memberikan nomor kode booking dan jumlah pembayaran yang harus dilakukan," papar Herry.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto menuturkan setelah korban melakukan pembayaran, transaksi terebut berakhir begitu saja, apabila korban menghubungi pelaku dan mengajukan komplain, maka para pelaku akan langsung menutup telepon dan tidak akan menerima telepon korban.

"Sim card ini digunakan untuk gonta-ganti nomor telepon agar tidak dapat dilacak korban. Jadi saat korban sudah transfer uangnya, kemudian nomor yang sudah diketahui korban tidak akan mereka gunakan lagi," jelas Rikwanto.

Dari keenamnya, petugas menyita 26 handphone, 70 buah modem, 8 unit
laptop, ratusan sim card, 17 buah buku rekening berbagai bank berikut 12 kartu ATM dan sebuah mesin faksimile.

Para pelaku ditangkap di markasnya di kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis 14 Februari kemarin, dan dijerat pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

Diketahui, selain menjalankan bisnis penipuan pemesanan tiket murah, para pelaku juga melakoni bisnis penjualan senjata ilegal melalu situs www.gudangsenjata.com.

"Tapi untuk penjualan senjatanya itu fiktif. Mereka tidak benar-benar menjual senjata," imbuh Rikwanto.

Sumber okezone penipuan jasa tiket pesawat online

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites